Tak Perlu Ribet Bolak-Balik, Kini Buat Paspor Bisa Online

Saat ini untuk membuat paspor atau memperpanjang paspor tidak perlu lagi repot-repot. Kini, membuat atau memperpanjang paspor sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hal ini tentu berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana seorang yang ingin membuat paspor harus datang ke kantor imigrasi terdekat, mengambil nomor pendaftaran dan mengantri. Saat ini birokrasi telah dipersingkat menjadi sangat efesien dengan sistem antrian paspor online.

Apa Itu Sistem paspor Online?

Sistem paspor online memberikan kemudahan untuk anda untuk mendaftarkan permohonan pembuatan atau perpanjangan paspor Online tanpa harus mendatangi kantor imigrasi. Anda cukup membuka website yang disediakan oleh imigrasi Online. Melalui antrian.imigrasi.go.id anda dapat mendaftarkan data-data anda dan mendapatkan nomor antrian secara online. Cukup mudah bukan? (Baca juga: Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan dengan Surat Keterangan Kerja?)

Bagaimana Cara Mendaftar Paspor Online Melalui Website?

Setelah masuk kedalam wabsite antrian.imigrasi.go.id akan tampil halaman login, jika anda belum memiliki akun klik link pendaftaran yang ada di bagian kiri bawah. Anda akan diminta mengisi data data seperti nama email, alamat no telpon dan nomor ktp. Setelah data lengkap semua maka anda akan mendapatkan notifikasi email yang menyatakan anda telah berhasil mendaftar, selanjutnya anda bisa login menggunakan username dan password yang telah anda daftarkan.

– Pilih Kantor Imigrasi

Selanjutnya pilihlah kantor imigrasi yang terdekat dengan tempat tinggal anda dengan menekan tombol biru disebelah kanan Buat Permohonan

– Pilih Tanggal dan Jumlah Pemohon

Setelah anda memilih kantor imigrasi yang anda inginkan maka akan tampil form yang meminta anda memasukan tanggal dan jumlah pemohon. Tanggal disini adalah tanggal dimana anda berencana untuk hadir di kantor imigrasi tersebut. Estimasikan waktu luang anda agar antrian yang telah anda buat tidak hangus, jika anda tidak hadir. Setelah sukses anda akan mendapatkan nomor antrian dan anda tinggal hadir di kantor imigrasi sesuai dengan tanggal yang anda inginkan.

Syarat membuat paspor online

Ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu untuk membuat paspor online. Dulunya persyaratan dokumen ini perlu di-scan dan di-upload ke website imigrasi. Tetapi kini, Anda hanya perlu memasukan data tersebut ke website imigrasi dan kemudian membawanya ke kantor imigrasi pada tahap verifikasi berkas. Berikut adalah dokumen yang perlu dipersiapkan:

Untuk warga negara Indonesia (WNI):
– Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
– Kartu Keluarga (KK)
– Akta kelahiran atau surat baptis
– Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
– Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor

Untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka persyaratan pembuatan paspor adalah:
– KTP kedua orang tua yang masih berlaku
– Kartu Keluarga (KK)
– Akta kelahiran atau surat baptis
– Buku nikah orang tua atau akta perkawinan
– Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya

Biaya Pembuatan & Perpanjangan paspor

Buat kamu yang sering berpergian melancong ke luar negeri pasti telah sangat mengetahui pentingnya paspor yang kamu gunakan sebagai identifikasi keberadaan kamu di negara lain, tetapi mungkin banyak orang tidak mengetahui banyak hal tentang informasi pembuatan dan perpanjangan paspor.

– Paspor Biasa Buku 48 halaman untuk WNI/orang Rp.300,000
– Paspor Biasa Buku 48 halaman pengganti yang hilang/rusak Rp.600,000
– Paspor Biasa Buku 48 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.300,000
– Paspor Biasa Paspor biasa 24 halaman untuk WNI/orang Rp.100,000
– Paspor Biasa Buku 24 halaman pengganti yang hilang/rusak Rp.200,000
– Paspor Biasa Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.100,000
– Paspor Biasa Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI Perorangan Rp.50,000
– Paspor Biasa Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI dua orang Rp.100,000
– Paspor Biasa Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp.55,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 48 Halaman untuk WNI Rp.600,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 48 Halaman pengganti yang hilang / rusak Rp.800,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.600,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 24 Halaman untuk WNI Rp.350,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 24 Halaman pengganti yang hilang / rusak Rp.400,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.350,000
– PASPOR BIASA ELEKTRONIS Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp.55,000

Beberapa poin penting saat kamu ingin membuat atau memperpanjang paspor

Pertama, Hindari calo. ini penting karena selain kamu harus membayar uang lebih ke calo tersebut hal ini juga dapat mencoreng nama baik keimigrasian.
Kedua,Paspor biasa hanya bisa diperpanjang ketika masa berlaku yang tersisa adalah 6 bulan.
Tiga, Biaya yang harus kamu bayar adalah 300.000-an untuk paspor biasa dan 600.000-an untuk e-paspor, pastikan kamu membawa uang saku lebih.

SUMBER : merahputih.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *