Cara Perpanjang Paspor Online? Yuk Cek di Sini

Buat kamu yang sering berpergian melancong ke luar negeri pasti telah sangat mengetahui pentingnya paspor yang kamu gunakan sebagai identifikasi keberadaan kamu di negara lain, tetapi mungkin banyak orang tidak mengetahui banyak hal tentang informasi yang perpanjangan paspor.

Paspor Biasa yang berlaku di indonesia harus di perpanjang 5 tahun sekali jika tidak diperpanjang maka masa berlakunya akan habis dan kamu tidak akan diizinkan untuk berpergian ke luar negeri. Banyak maskapai penerbangan di indonesia juga menolak untuk menerbangkan penumpang yang memiliki paspor dengan minimal masa aktif 6 bulan jika lebih dari itu uang pembelian tiket akan dikembalikan ke penumpang terkait.

Negara seperti Amerika Serikat dan India juga memberlakukan kebijakan yang lebih ekstrim, mereka tidak mengizinkan tamu asing yang membawa paspor yang masa berlakunya tersisa 1 tahun. Nah karena melihat banyaknya kebijakan tersebut maka penting agar kamu melihat kembali apakah paspor kamu sudah habis masa berlakunya atau tidak, jika iya silakan baca panduan yang akan diberikan team Sepulsa di bawah ini.

Syarat dan informasi penting perpanjang paspor

  • Hindari calo, ini penting karena selain kamu harus membayar uang lebih ke calo tersebut hal ini juga dapat mencoreng nama baik keimigrasian.
  • Paspor biasa hanya bisa diperpanjang ketika masa berlaku yang tersisa adalah 6 bulan.
  • Berkas yang diperlukan untuk mendapatkan paspor baru: Akta kelahiran asli plus fotokopi ( jika kamu tidak memilikinya maka kamu dapat menggantinya dengan ijazah terakhir atau buku nikah ), Kartu Keluarga asli plus fotokopi, KTP asli dan fotokopi, Paspor lama asli dan fotokopi bagian halaman paling depan dan belakang.
  • Biaya yang harus kamu bayar adalah 300.000-an untuk paspor biasa dan 600.000-an untuk e-paspor, pastikan kamu membawa uang saku lebih. Berikut adalah table biaya perpanjang / pembuatan paspor baru.

Biaya

Jenis Paspor Keterangan Tarif
Paspor Biasa Buku 48 halaman untuk WNI/orang Rp.300,000
Paspor Biasa Buku 48 halaman pengganti yang hilang/rusak Rp.600,000
Paspor Biasa Buku 48 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.300,000
Paspor Biasa Paspor biasa 24 halaman untuk WNI/orang Rp.100,000
Paspor Biasa Buku 24 halaman pengganti yang hilang/rusak Rp.200,000
Paspor Biasa Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.100,000
Paspor Biasa Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI Perorangan Rp.50,000
Paspor Biasa Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI dua orang Rp.100,000
Paspor Biasa Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp.55,000
Jenis Paspor Keterangan Tarif
PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 48 Halaman untuk WNI Rp.600,000
PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 48 Halaman pengganti yang hilang / rusak Rp.800,000
PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.600,000
PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 24 Halaman untuk WNI Rp.350,000
PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 24 Halaman pengganti yang hilang / rusak Rp.400,000
PASPOR BIASA ELEKTRONIS E-Passport 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam Rp.350,000
PASPOR BIASA ELEKTRONIS Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp.55,000

Cara mengurus perpanjang paspor secara online

 

  • Pertama kamu harus mengunjungi website resmi imigrasi di imigrasi.go.id, mudahnya karena dengan mengisi formulir kamu tidak perlu membawa dokumen apapun.
  • Setelah itu silakan memilih menu pilihlah menu Layanan Publik > Layanan Online Layanan Paspor Online lalu kamu dapat memilih table Pemohonan Personal  disini kamu dapat melakukan perpanjangan paspor, perubahan data yang ada di paspor atau membuat paspor baru.
  • Masukan alamat email dengan benar karena kamu akan mendapatkan email konfirmasi yang harus kamu print dan bawa.
  • Pilih tanggal dan waktu yang tepat untuk melakukan interview di imigarsi langsung, slot untuk setiap jam dibatasi. Lihat dan ingat kembali jadwal kamu jangan telat tiba di lokasi, pastikan kamu sudah tiba 30 menit sebelum wawancara.
  • Kalau kamu mendaftar secara online maka kamu tidak perlu mengambil antrian lagi di lokasi.
  • Datanglah ke pusat informasi di imigrasi dan bawa semua dokumen yang telah kita bahas sebelumnya, ambil juga map kuning yang akan kamu dapatkan dari koperasi. Semua dokumen kamu akan di cek, setelah lolos tahap pertama maka kamu akan menunggu antrian.
  • Nah para pemohon harus memberikan semua datanya di loket pemeriksaan dokumen, setelah di cek maka kamu akan mendapatkan no antrian untuk interview

 

  • Setelah mendapatkan nomor antrian kamu harus menunggu antrian untuk interview dan sesi foto.
  • Bayar dibeberapa bank yang telah ditetapkan, kamu akan mendapatkan no rekening dan jumlah yang harus dibayarkan.
  • Setelah semuanya selesai maka kamu hanya perlu menunggu antria untuk pembuatan paspor baru, biasanya proses pembuatannya memakan waktu 2-3 jam, loket akan tutup jam 15.30 jadi jika kamu tidak mendapatkannya pada jam tersebut maka kamu harus datang kembali di hari selanjutnya. ( beberapa kantor imigrasi memiliki kebijakan berbeda dimana pemohon harus datang kembali 3 hari setelah membayar di bank baru mereka bisa mendapatkan paspor barunya )

 

 

 

SUMBER : sepulsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *