5 Tips Traveling ke China Agar Liburan Menyenangkan

5 Tips Traveling ke China Agar Liburan Menyenangkan5 Tips Traveling ke China Agar Liburan Menyenangkan

Traveling ke China akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Maklum, Negeri Tirai Bambu ini memiliki banyak tempat wisata populer. Sebut saja The Great Wall di Beijing, museum Terracotta Army di Xian, dan The Bund di Shanghai. Bagi Anda yang tertarik berlibur ke negara dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar ini, perhatikan hal-hal berikut agar perjalanan berlangsung lancar dan menyenangkan.

Siapkan visa—waspada pas foto

Dibanding negara lainnya, bisa dibilang syarat membuat visa China adalah yang termudah. Anda tinggal mengisi formulir aplikasi visa dan lampirkan bukti pemesanan tiket pesawat pulang pergi dan bukti booking penginapan selama tinggal di sana, beserta pas foto ukuran 33mm x 48mm dan paspor Anda. Fotokopi buku rekening tabungan selama tiga bulan terakhir—yang menjadi syarat visa beberapa negara—tidak diperlukan jika Anda hendak traveling ke China.

Namun, kedutaan negara ini cukup ketat terhadap ukuran foto, alias harus sesuai dengan yang diminta. Latar belakang foto juga harus putih—tidak boleh warna lain termasuk abu-abu maupun krem. Jika tidak sesuai, visa Anda akan ditolak.

Pernah juga ada kasus visa ditolak karena di dalam paspor ada cap tempat wisata—sedangkan bagi mereka di paspor hanya boleh ada cap imigrasi. Untuk kasus ini, Anda akan diminta membuat paspor baru terlebih dulu jika ingin tetap mengunjungi Tiongkok. Visa bisa diajukan 3 sampai 1 bulan sebelum keberangkatan.

Unduh software VPN di Indonesia

Sebelum traveling ke China, pastikan Anda sudah mengunduh software VPN agar tetap bisa menggunakan aplikasi email, media sosial, dan chat messenger. Dengan begitu, saat Anda menggunakan wi-fi di sana, Anda tetap bisa terhubung dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Solusi lain, jika tidak mau repot unduh VPN, Anda bisa membeli sim card internet China atau Hong Kong di Indonesia (online shop) yang sudah memiliki paket internet tanpa membatasi aplikasi yang bisa digunakan.

Unduh Google Translate

Tidak bisa dipungkiri, meski merupakan negara maju, sebagian besar penduduk di Tiongkok tidak menguasai bahasa Inggris. Ini berlaku juga di bandara maupun stasiun—sedikit sekali petugasnya yang bisa berbahasa Inggris. Untuk itu, unduhlah Google Translate offline untuk bahasa Inggris – bahasa Tiongkok dan sebaliknya. Ini akan sangat membantu jika Anda kepepet butuh informasi saat traveling.

Bawa tisu basah

Banyak yang bilang kalau China adalah negara dengan toilet yang jorok. Faktanya saat saya traveling ke sana, toilet di tempat wisata terkenal pada umumnya cukup manusiawi dan bersih, begitu juga di mal. Hindari ke toilet umum di pinggir jalan jika tidak mau mendapatkan ‘jackpot’. Untuk amannya, bawalah tisu kering dan tisu basah saat bepergian—karena toilet di sana menggunakan sistem toilet kering.

Cetak istilah penting dalam bahasa Mandarin

Untuk menghindari salah komunikasi saat traveling di negara berpenduduk lebih dari satu miliar ini, cetaklah beberapa istilah penting dalam bahasa Mandarin, seperti airport, nama tempat wisata, dan hotel. Bagi Anda yang Muslim dan selektif memilih makanan, sebaiknya cetak juga gambar babi dan ayam beserta namanya untuk menanyakan menu saat memesan makanan.

SUMBER  : womantalk.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *